Perbedaan Bentuk Fisik antara Burung Kenari Jantan dan Betina

Burungkenari.com - Perbedaan jenis kelamin burung Kenari akan memberikan perbedaan mendasar dalam merawat dan melatih burung tersebut. Untuk itu, kita perlu membedakan jenis kelamin yang dimiliki sedari dini sehingga bisa melakukan perawatan dan memberikan latihan dengan baik. Burung jantan biasanya akan memiliki Kicauan yang terus berkembang sehingga kita bisa terus melakukan perawatan dan latihan khusus untuk mengembangkan potensi yang ada.
Para pecinta burung, terkadang  masih sulit untuk membedakan antara burung jantan dengan betina. Tidak hanya para pendatang baru, terkadang pecinta burung yang telah berpengalaman pun bisa terkecoh dan salah mendeteksi jenis kelamin yang ada. Untuk mendeteksi jenis kelamin yang ada, kita bisa melihat dari tampilan fisik dan perilaku yang ada. Untuk dapat membedakan jenis kelamin dengan melihat tampilan fisik, bisa kita periksa melalui beberapa hal berikut ini.

Perbedaan Kenari Jantan dan Betina

Cara Membedakan Burung Kenari Jantan dan Betina

  1. Membedakan Jenis Kelamin ketika kenari masih Anakan

Untuk mengenali burung Kenari sebelum memiliki umur seminggu bisa kita lakukan dengan mudah. Pada usia dini, burung tidak memiliki bulu sehingga kita bisa melihat pembuluh darah yang ada. Pada usia dini, kita akan melihat sebuah garis pembuluh vena yang terletak dibagian perut bawah hingga bagian dubur. Bila Anda menemukan garis tersebut, maka burung yang Anda miliki adalah Kenari berjenis kelamin jantan. Sedangkan untuk kelamin betina tidak memiliki tanda garis tersebut.

  1. Amati postur tubuh   

Ukuran tubuh atau postur yang dimilik oleh Kenari jantan dan Kenari betina memiliki perbedaan yang tidak begitu mencolok di usia muda. Namun saat dewasa kita akan melihat perbedaan yang cukup mencolok. Untuk itu, kita bisa membandingkan burung yang memiliki umur yang sama antara satu dan lainnya. Apabila kita melihat burung dengan umur yang sama namun memiliki ukuran yang berbeda, maka bisa disimpulkan bahwa burung tersebut yang berukuran lebih kecil adalah burung betina dan yang lebih besar adalah burung Kenari jantan.

  1. Amati bentuk kepala dan wajah

Kepala kenari jantan dan betina memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Burung Kenari jantan memiliki bentuk kepala yang langsing dan tirus bila dibandingkan dengan kepala betina akan memiliki wajah yang tegas dan berkarakter sangar. Sedangkan untuk burung kenari betina akan memilik kecenderungan wajah yang lebih cantik, lugu, imut, dan manis. Namun demikian, identifikasi menggunakan wajah tidak selalu bisa dilakukan dengan tepat dan akurat.

  1. Amati bentuk kaki dan selangkangan burung

Kita bisa mengamati bentuk kaki untuk memastikan jenis kelamin burung jantan dan betina. Burung Kenari jantan akan memiliki kaki yang lebih panjang dan kuat. Dibandingkan dengan Kenari betina maka cengkraman kaki jantan akan lebih kokoh. Selain dari bentuk dan ukuran kaki, kita juga bisa melakukan identifikasi dengan melihat tingkat kerapatan pada selangkangan burung Kenari. Apabila kita menemukan burung kenari dengan tipe selangkangan yang rapat dibanding dengan lainnya, maka bisa dipastikan jenis kelamin Kenari tersebut adalah jantan.

  1. Lihat bagian kloaka

Bagian kloaka adalah bagian tubuh burung yang terletak pada bagian bawah perut. Kita bisa mengamatinya dengan memeriksa dubur atau anus burung. Caranya cukup mudah, kita hanya cukup memeriksa bagian ven pada dubur. Untuk bagian ven jantan, akan terlihat vertikal dan menonjol. Kita bisa meniup bagian bulu pada dubur bila bagian ini tertutup, namun demikian, bila bulu terlalu lebar maka kita bisa meneteskan sedikit air agar ven terlihat.  Untuk betina siap kawin, ven akan tampak bengkak, merah dan terlihat lebih basah.
Ciri-ciri fisik yang menonjol bisa kita lihat dengan jelas untuk mengamati perbedaan jenis kelamin burung Kenari. Kita bisa mengamati ciri fisik yang lebih sederhana namun juga bisa dijadikan patokan mengenai jenis kelamin burung tersebut. Misalkan dari corak bulu yang dimiliki oleh burung Kenari dewasa. Dibandingkan dengan burung Kenari dengan jenis kelamin betina, jenis jantan memiliki bulu dengan corak yang lebih tegas, berani, dan cerah sehingga bisa tampil lebih menarik.

Selain mengamati dari bentuk fisik, kita bisa juga membedakan kenari jantan dan betina dari perilaku yang dimiliki oleh burung tersebut. Misalkan untuk burung jantan akan memiliki perilaku yang dominan, agresif, dan lincah. Sedangkan burung betina akan memiliki tingkah yang kalem dan cenderung menyibukkan diri dengan mengumpulkan bahan untuk membuat sarang. Dengan melihat sifat yang ada tentu kita akan mudah membedakan antara burung jantan dan betina.

Komentar