Cara Ternak Burung Kenari Mulai dari Pemilihan Indukan Sampai Perawatan Anakan Lengkap

Burungkenari.com - Cara ternak burung kenari mulai dari pemilihan indukan sampai perawatan anakan harus diperhatikan dengan baik. Hasil yang memuaskan pastilah dari sebuah perencanaan yang matang di awal beternak. Perencanaan yang matang akan membuat semua proses akan berjalan dengan lebih lancar. Hal itu bisa diterapkan bagi Anda yang sedang ingin melakukan ternak burung kenari. Kenari adalah salah satu burung bersuara cantik yang bisa menjadi peliharaan di rumah. Ternak burung kenari dengan perencanaan yang matang akan membuat hasil anakan yang diperoleh terawat dengan baik sampai ia tumbuh besar.

Dari beberapa orang yang berpengalaman yang telah mencoba Ternak  kenari, perencanaan yang matang adalah salah satu kunci kesuksesannya. Anda bisa menuliskan perencanaan yang baik dalam selembar kertas atau sekedar coret-coretan saja. Dengan membuat beberapa coretan di atas kertas tentang perencanaan jenis kenari apa yang mau diternak, berapa dana yang dibutuhkan, apa saja peralatan yang perlu dipersiapkan, dan lain-lain, maka kesalahan pun bisa lebih diminimalisir.

Persiapan dan Perencanaan Ternak Burung Kenari


Kesalahan beberapa orang yang gagal dalam melakukan ternak kenari adalah tidak melakukan perencanaan awal yang matang. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, perencanaan yang matanglah yang merupakan ujung kesuksesan dari ternak kenari. Harga burung kenari yang cukup tinggi membuat beberapa orang berantusias untuk melakukan ternak tanpa tahu bagaimana perencanaan yang baik untuk dilakukan. Ini dikarenakan banyak orang yang hanya melihat hasil dari seseorang yang telah sukses dalam beternak kenari tanpa bertanya bagaimana proses yang ia jalankan.

Dengan demikian, perencanaan yang matang memang sangat penting untuk dilakukan. Anda akan lebih bisa melihat gambaran tentang bagaimana proses ternak burung kenari yang nantinya akan Anda jalankan. Anda bisa mengira-ngira mau memulainya dari mana. Dana yang besar akan sayang saja nantinya jika Anda tidak melakukan perencanaan yang matang. Oleh karena itu, Anda bisa merencanakan tentang usaha ternak kenari yang akan Anda jalankan tersebut. Maka, inilah beberapa hal yang bisa Anda coba dalam merencanakannya.

Untuk bisa mendapatkan hasil ternak yang baik, perencanaan yang baik dan sudah matang memang harus dilakukan sejak awal. Setidaknya, Anda telah memiliki gambaran tentang apa saja yang akan Anda lakukan. Dengan demikian, Anda bisa membuka catatan kembali ketika Anda merasa ada sesuatu yang terlewatkan. Lalu, beginilah langkah-langkah yang bisa dijalankan dalam melakukan perencanaan ternak kenari yang sukses.

1. Menentukan jenis kenari yang akan diternak

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam merencanakan ternak kenari adalah dengan memahami serta menentukan jenis kenari yang akan Anda ternak. apakah anda ingin kenari yang gacor atau untuk kicauan ataukah jenis kenari yang bisa di jadikan sebagai burung hias. Kini terdapat banyak sekali jenis kenari yang sudah populer di indonesaisehingga Anda mungkin akan bingung ketika memilihnya. Anda bisa mencari informasi mengenai jenis kenari yang mudah diternak, harga kenari, serta bagaimana perawatannya. Hal ini dikarenakan peternak kenari biasanya ada yang beternak sebagai pekerjaan sampingan saja dan berikut beberapa jenis burung kenari populer yang bisa anda jadikan referensi untuk berternak :

  • Kenari Yorkshiere
  • Kenari Lokal
  • Kenari Gloster
  • Kenari Waterslanger
  • Kenari Roller
Setaip jenis kenari di atas memiliki ciri khas masing masing, mulai dari bentuk fisik sampai suara kicauan yang dimiliki Baca selengkapnya di 4 jenis burung kenari lengkap. di indonesia saat ini yang sering di kawin silangkan adalah kenari yorkshire dikawinkan dengan kenari lokal. yang biasanya anakanya akan memiliki postur besar seperti kenari yorkshire.

2. Mempelajari dan mempersiapkan ruangan untuk beternak

Setelah menentukan jenis kenari yang akan di ternak langkah selanjutnya adalah Anda harus mempersiapkan ruang untuk beternak. Dengan demikian, Anda bisa menempatkan kandang-kandang untuk kenari ternak Anda di sana. Ukuran kandang juga harus sepadan dengan jenis burung yang diternak. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah dalam merawat dan menjaga kandang.  untuk kandang ternak kenari saya rasa kandangnya tidak perlu sebesar kandang murai anda bisa menangkarkan kenari menggunakan kandang biasa ataupun kandang kotak dengan ukuran yang bisa digunakan untuk lovebird / bisa lebih kecil lagi kemudian dalam kandang ternak kenari ada beberap hal yang perlu anda beli seperti :

  • Tangkringan untuk kenari
  • Wadah makan dan minum
  • Sarang (Bisa anda beli di toko burung)

ada satu hal lagi yang tidak boleh anda lupakan yakni Kebersihan kandang yang merupakan salah satu hal yang bisa menentukan kesehatan kenari ternak Anda di rumah.

3. Mempersiapkan dana untuk membeli kebutuhan dan perlengkapan

Ini merupakan salah satu hal yang perlu dipersiapkan dengan matang. Tentukan budget yang Anda miliki untuk melakukan ternak kenari. Jika Anda memulainya dari nol, Anda akan membutuhkan dana yang cukup banyak untuk mempersiapkan semuanya dari membeli burung kenari terlebih jika yang ingin anda ternakkan adalah kenari import semperti kenari yorkshire maupun kenari roller yang biasanya memiliki harga yang cukup mahal, persiapan kandang dan pangan, dan lain-lain. Ruangan dalam beternak nantinya juga membutuhkan dana yang besar untuk menjaga kenari Anda aman dari predator. untuk harga kenari berikut referensi yang bisa anda jadikan sebagai gambaran :

  • Harga Kenari Yorkshire : Berkisar Rp 4.000.000 s/d Rp 10.000.000
  • Harga Kenari Lokal : Berkisar Rp 100.000 s/d Rp 400.000
  • Harga Kenari F1 Yorkshire : Berkisar Rp 1.400.000 s/d Rp 2.500.000
  • Harga Kenari Jenis Lain : Berkisar 400.000 s/d Rp 1.500.000

4. Membeli indukan kenari serta perlengkapannya

Ketika jenis kenari sudah ditentukan, persiapan ruangan sudah ada, dana yang dibutuhkan untuk membeli kenari sudah ada, maka kini saatnya Anda untuk membeli indukan kenari di tempat yang tepat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membeli indukan kenari adalah burung kenari jantan dan betina serta sangkar ternak. Jangan lupa untuk mempersiapkan pakan dan vitamin. Satu lagi, lengkapi dengan cepuk dan aksesoris lainnya seperti jerami untuk membuat kenari menjadi lebih nyaman.untuk membeli indukan saya sarankan untuk membeli jantan yang sudah gacor syukur-syukur yang sudah pernah prestasi kalau belum mungkin anda bisa membeli di beberapa pasar burung yang terkenal di indonesia seperti :

  • Pasar burung Pramuka di Jakarta
  • Pasar burung Sukahaji di Bandung
  • Pasar burung Depok di Solo
  • Pasar Hewan Pasti di Jogja

5. Menjodohkan burung kenari

Untuk bisa menjodohkan burung kenari dengan tepat, Anda harus bisa membedakan jenis kelamin kenari jantan dan jenis kelamin kenari betina. Awalnya memang sulit untuk membedakannya. Namun beberapa hal yang menonjol adalah bahwa burung kenari jantan memiliki bunyi yang ngerol dan sangat nyaring, namun kenari betina suaranya agak putus-putus. Perhatikan pula usianya apakah si kenari yang Anda beli tersebut sudah siap kawin atau belum. Anda bisa mengetahuinya dengan mengenal tanda-tanda kenari yang sedang birahi. Dan terakhir, perhatikan sarang serta beberapa sarana lainnya. Proses penjodohan akan lebih cepat berhasil dengan menggunakan sangkar agak besar yang menggantung. beberapa tanda jika burung kenari sudah berjodoh :

  • Kenari jantan betina sudah akur
  • Kenari jantan dan betina tidak berkelahi
  • Sudah mulai tidur berdampingan.

6. Mengawinkan burung kenari

Ketika sudah berjodoh, kini sebaiknya satukan kenari jantan dan betina agar segera melakukan perkawinan. Anda harus benar-benar menyatukannya ketika mereka sudah benar-benar berjodoh. Anda bisa menyatukannya pada sore hari. Masukkan kenari jantan ke dalam kandang kenari betina. Jangan sampai terbalik. atau anda bisa menyatukan kenari jantan dan betina dalam kandang ternak samapi kenari tersebut postif bertelur dan memiliki anakan.

7. Proses Mengeramkan telur burung kenari

Ketika kenari sudah bertelur, Anda harus memiliki tips perawatan si kenari betina saat sedang mengerami. Anda harus memastikan bahwa minuman dan biji-bijian untuk makan si kenari selalu tersedia. Kebersihan juga harus selalu terjaga dengan baik supaya telur kenari tetap aman. Anda bisa menambahkan makanan kenari dengan sawi atau apel untuk selang-seling. Terakhir, Anda tidak perlu untuk menjemur si kenari terlebih dahulu.

8. Proses penetasan telur kenari

Ketika sudah 14 hari dierami, kini telur-telur kenari akan mulai menetas. Anda akan takjub melihat telur-telur kecil menetas menjadi bayi-bayi kenari yang sangat imut dan menggemaskan. Setelah si anak kenari menetas, Anda bisa melakukan perawatan. Berikan makanan berupa biji-bijian, telur puyuh rebus, dan minuman yang cukup ketika anak kenari masih dalam usia 1 minggu. Ketika sudah melewati 1 minggu, Anda bisa menambahkan sawi dan biji-bijian. Jika perlu, Anda bisa menambahkan vitamin untuk burung yang dijual banyak di pasaran. Anak kenari yang telah siap untuk dipanen adalah anak kenari yang sudah berusia 25 hari. Ia sudah siap untuk makan sendiri dan bisa memakan berbagai biji bijan seperti milet.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan ternak burung kenari. Ternak burung kenari yang sudah populer saat ini bisa menjadi salah satu usaha bagi Anda untuk meningkatkan ekonomi. Terlebih lagi jika Anda sudah mahir dalam melakukan perawatan hingga pemanenan.

Anda bisa melakukan perencanaan terlebih dahulu mulai sekarang untuk mempersiapkan hal-hal apa saja yang diperlukan dalam beternak burung kenari mulai dari pemilihan induk yang tepat hingga perawatan telur-telur yang baru menetas. Sekian informasi mengenai langkah-langkah dalam beternak burung kenari dan perawatan anak-anaknya. Semoga bermanfaat untuk sobat kicau mania di manapun Anda berada.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Ternak Burung Kenari Mulai dari Pemilihan Indukan Sampai Perawatan Anakan Lengkap"

Posting Komentar