4 Ragam Burung Kenari Yang Populer di Indonesia

Ragam burung Kenari yang populer di Indonesia antara lain seperti jenis Yorkshire, Norwich, Gloster, dan Border. Beberapa Kenari lokal dan campuran juga populer dan digemari pecinta burung.. Burung Kenari merupakan jenis burung yang digemari dan cukup populer dikenal oleh para penggemar burung di Indonesia. Sebagai burung kicau, Kenari cukup mudah dipelihara dengan perawatan yang tidak merepotkan. Burung ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru sehingga persebaran burung ini di kalangan penggemar menjadi semakin cepat. Harganya yang relatif cukup terjangkau juga merupakan alasan tersendiri mengapa jenis burung ini laris manis dipasaran Indonesia.
Di kalangan penggemar Kenari, berbagai even dilakukan secara rutin di berbagai kota. Hal ini semakin menguatkan posisi Kenari sebagi salah satu burung kicau yang menjadi incaran pecinta burung. Di pasaran Indonesia, banyak jenis burung Kenari yang bisa kita jumpai. Kita bisa menemukan beberapa varietas impor yang didatangkan langsung dari luar negeri. Selain burung impor, kita juga memiliki jenis Kenari lokal  dan Kenari blasteran antara lokal dan burung impor yang memiliki segmen tersendiri.

Jenis Burung Kenari Yang Populer di Indonesia



Beberapa jenis Kenari terus dikembangkan untuk mendapatkan hasil yang berkualitas. Selain kualitas yang prima, semakin banyaknya pendatang baru di hobi ini juga membutuhkan jumlah burung yang cukup tinggi sehingga beberapa pihak ini telah membuka budidaya untuk menyediakan kebutuhan pasar. Selain kualitas suara yang diinginkan oleh penghobi, Kenari juga dinilai dari postur tubuh dan corak bulu yang menarik. Berikut ini beberapa jenis kenari yang bisa kita jadikan referensi pembelian.

  1. Burung Kenari Yorkshire

Burung jenis ini merupakan burung Kenari impor yang sangat dikenal pecinta burung di Indonesia. Salah satu ciri utama yang dimiliki oleh burung ini adalah memiliki postur yang bongsor atau besar. Bisa dikatakan, Kenari jenis ini merupakan jenis terbesar yang berhasil dikembangkan selama ini. Selain postur yang besar, suara yang dihasilkan juga akan lebih lantang dan berenergi bila dibandingkan dengan Kenari jenis lainnya. Untuk jenis Yorkshire jantan, kita bisa mendapatkan dengan range harga antara 4,5 hingga 10 juta.

  1. Burung Kenari Norwich

Untuk jenis Kenari ini, merupakan burung yang berasal dari Eropa, tepatnya adalah negara Inggris. Kenari ini sangat menarik dan dikenal juga dengan nama Kenari mata sipit. Hal itu karena  bulu kepala pada jenis burung ini menutupi bagian mata sehingga terkesan memiliki mata yang kecil dan sipit. Dari segi postur yang ada, Kenari Norwich memiliki bentuk postur yang pendek dengan ekor yang pendek pula. Untuk mendapatkan burung jenis ini, kita bisa membeli dengan 1,5 juta hingga 3 juta saja.

  1. Burung Kenari Gloster

Burung Kenari ini juga dikenal dengan Burung Kenari Mini karena ukuran tubuhnya yang kecil. Untuk burung Kenari jenis ini, ukuran ideal maksimal adalah 11 cm, namun apabila memiliki ukuran yang lebih kecil, maka bisa dikatakan akan memiliki kualifikasi yang lebih baik. Jenis Kenari ini dibagi menjadi dua, yaitu Kenari Gloser Corona untuk burung yang berjambul dan Kenari Gloster Consort untuk burung Kenari tanpa Jambul. Harga yang ditawarkan untuk jenis burung ini berkisar antara 500 ribu hingga 1,5 juta rupiah.

  1. Burung Kenari Border

Burung ini memiliki postur yang cukup menarik, mungil, dan lucu. Bila Anda mengetahui film kartun lama Silvester dan Tweety, maka karakter Tweety diambil dengan menjiplak tampilan burung ini. Burung yang memiliki corak kuning terang ini memiliki suara yang tidak kalah dari jenis lain burung Kenari sehingga cukup bisa dinikmati bagi Anda penggemar burung kicau. Kita bisa membeli dengan harga yang bisa dikatakan cukup terjangkau, untuk anakan Burung Kenari Border dijual dengan harga 900 ribuan saja.
Baca Juga : Makanan Tambahan untuk Burung Kenari, Buah dan Sayur
Selain beberapa burung diatas, banyak jenis burung Kenari yang juga dikembangkan di Indonesia. Meskipun beberapa jenis merupakan jenis impor, namun telah dikembangkan di dalam negeri dan memiliki harga yang sama dengan burung impor. Bagi kita yang ingin menjalankan budidaya Kenari unggul kita bisa membeli burung jantan dan betina dengan jenis yang sama. Misalkan untuk jenis Yorkshire juga tersedia burung betina yang bisa kita beli dengan harga 4,5 juta hingga 6,5 juta rupiah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Ragam Burung Kenari Yang Populer di Indonesia"

Posting Komentar