Metode Sexing Anakan Burung Kenari yang Dapat Anda Coba

Burungkenari.com - Sexing Kenari yakni membedakan jenis kelamin jantan dan betina pada burung kenari yang relatif lebih mudah untuk Anda lakukan apabila burung telah sampai ke Umur Dewasa Kelamin (UDK). Saat bertelur, maka burung kenari itu dapat dipastikan betina. Beberapa penangkar biasanya akan membutuhkan kepastian dengan lebih cepat, khususnya saat hendak memenuhi permintaan konsumen yang justru mau membeli kenari mulai anakan. Dalam memandu para penangkar juga penggemar kenari, terdapat beberapa metode atau cara sexing / membedakan jenis kelamin kenari jantan dan betina yang bisa Anda lakukan. Metode Sexing Anakan Kenari tersebut mencakup pada beberapa hal di bawah ini:
  1. Sexing berdasarkan suaranya semenjak dini
  2. Sexing mulai anakan kenari yang masih di sarang
  3. Sexing berdasar pada penampilan warnanya
Membedakan Jenis Kelamin Kenari berdasar pada suaranya semenjak dini
Kurang lebih 1 bulan setelah menetas, anakan kenari umumnya sudah dapat makan sendiri. Ketika itu, kenari akan lebih sering mengeluarkan suara cicitannya, di mana ada beberapa makna dari suara cicitannya itu, yakni panik, terkejut, lapar, marah, kesakitan, terganggu karena saudaranya. Namun terkadang, pada waktu-waktu itu, masa mandiri sampai dengan waktu ganti bulu, kenari akan berusaha untuk berkicau. Dan lagu pertama tersebut dikenal dengan sebutan sub-song, di mana dijabarkan menjadi suara “trilili”, dinyanyikan sembari melamun saat mata setengah tertutup, pada keadaan hampir tidur siang. Waktu itu sesungguhnya burung tengah belajar berkicau, yang dapat Anda lihat dari tenggorokan kenari yang kembang-kempis seperti kenari jantan saat sedang bernyanyi.

Metode Sexing Anakan Burung Kenari yang Dapat Anda Coba


Beberapa pakar kenari beranggapan jika ini adalah pertanda bahwa burung kenari itu berkelamin jantan, sedang mengembangkan atau melatih suara nyanyiannya. Namun hal tersebut belum dapat dijadikan kesimpulan akhir, yakni sebelum kenari mulai berpindah pada lagu berikutnya, di tahap belajar bernyanyi yang dikenal dengan plastic song, atau lagi yang dinyanyikan oleh burung muda, dalam tahap belajar bernyanyi. Di mana lagu tersebut terdiri dari beberapa suku kata yang berbeda atau variatif serta elemen lagu yang dikenal burung tersebut.

Sexing mulai anakan kenari yang masih di sarang

  1.  Anakan masih harus di dalam kondisi tengah memiliki bulu pertama, di mana bulu sayap masih seperti sedotan atau bulu jarum. Caranya yakni tekan sarangnya memakai jari telunjuk. Apabila kemudian anakan langsung menunduk memakai pantat, ekor yang mengarah ke arah atas, itu tandanya bahwa burung tersebut berkelamin jantan. Namun apabila anakan kenari tersebut diam saja, sembari melihat Anda, maka kenari tersebut adalah kenari betina.
  2. Taruhlah semua anakan yang asalnya satu sarang pada atas handuk, boleh juga menggunakan permukaan kasar lain, asal tak licin. Jadi kenari akan memakai ke – 2 kakinya untuk berdiri. Apabila ada anakan kenari langsung melompat, mengarah ke depan, itu tandanya burung jantan. Apabila diam saja maka merupakan kenari betina.
  3. Terakhir, dilakukan saat pemasangan ring. Anakan dengan jari kaki yang lebih panjang dibandingkan pusat kakinya merupakan kenari jantan. Sementara anakan dengan jari kaki yang lebih rata ukurannya merupakan kenari betina.

Sexing berdasar pada penampilan warnanya
Metode ini tak dapat digunakan di beberapa burung kenari keturunan, tetapi bisa dimanfaatkan untuk memilih gender yang berasal dari burung kenari dengan jenis penyanyi.

Untuk burung kenari penyanyi ataupun non keturunan, keseluruhan tubuh burung jantannya memiliki warna kuning dengan sedikit lebih terang dibandingkan kenari betina yang terlihat agak pucat. Hal tersebut juga berlaku untuk kenari keturunan, di mana sepanjang burung itu tak mengalami mutasi intensif, di mana biasa terjadi di kenari keturunan yang lain. Hal tersebut dapat Anda lihat jelas di burung kenari dengan warna bulu yang full kuning, sebab mereka tak memiliki pigmen gelap yang dapat mengaburkan pandangan mata dari seseorang. Apabila kenari telah memiliki bulu dewasa atau ganti bulu pertama, penentuan jenis kelamin dapat dilakukan dengan cara melihat kecerahan warna bulu kuning kenari tersebut. Kuning cerah jantan, kuning pucat betina. Sekian artikel mengenai metode Sexing anakan burung kenari yang dapat Anda coba, semoga bermanfaat.
Untuk Membedakan Jenis Kelamin antara kenari jantan dan betina ada beberapa cara yang bisa anda coba diantaranya dengan mendengarkan kicauan anakan burung kenari, selain itu ada juga beberapa cara lain yang bisa anda coba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Metode Sexing Anakan Burung Kenari yang Dapat Anda Coba"

Posting Komentar