Makanan Tambahan untuk Burung Kenari, Buah dan Sayur

Burungkenari.com - Makanan tambahan yang dapat Anda berikan untuk burung kenari yakni buah dan sayur. Mungkin Anda sudah pernah mencoba memberikan ini sebelumnya. Jadi memang burung kenari ini makanan tambahannya berbeda, dibandingkan dengan burung pemakan serangga EF. Terkadang toko-toko burung yang dapat menyediakan semua jenis pakan burung kenari, jadi memang makanan tambahan akan dibutuhkan, supaya burung kenari yang Anda pelihara bisa lebih sehat, juga yang penting lebih gacor. Sekarang yang menjadi pertanyaan, buah serta sayuran apa sajakah yang bagus untuk diberikan pada burung kenari? Dan apa manfaat pemberian makanan tambahan tersebut? Mari baca selengkapnya.

1. Oyong
Atau biasa dikenal juga dengan sebutan Gabas. Ini merupakan pakan tambahan burung kenari yang kami rekomendasikan. Khususnya jika kenari yang Anda pelihara atau miliki pada awalnya gacor, tetapi kemudian berubah macet bunyi, jadi tidak serajin seperti biasanya. Pernah ada pengalaman seseorang yang menyukai burung kenari, di mana setelah ganti bulu, kemudian salah satu dari burung kenari yang dapat dikatakan lumayan gacor untuk waktu yang lama, jadi terlihat jarang berkicau, berbeda seperti sebelum kenari tersebut ganti bulu. Dan kemudian orang tersebut disarankan untuk memberikan oyong atau gabas pada burung kenarinya. Akhirnya, tak butuh waktu lama, burung kenari yang sudah diberi sayur oyong tersebut menjadi lebih gacor dibandingkan dulu.
Di mana pada gabas 100 gram, ada kandungan protein 1,09 gram, zat besi 1,6 mg, vitamin C, dan vitamin A.

Makanan Tambahan untuk Burung Kenari, Buah dan Sayur


2. Mentimun
Apabila burung kenari Anda tubuhnya terlihat terlalu gemuk, maka pakan yang direkomendasikan yakni sayur mentimun. Sayur mentimun merupakan jenis sayur yang memiliki kandungan air tinggi.

3. Daun Sawi
Selain sayur oyong dan mentimun, sayuran berikutnya yang direkomendasikan adalah daun sawi. Memang jika Anda sudah cukup lama memiliki burung kenari, maka sebelumnya pasti Anda pernah memberikan daun sawi pada kenari yang Anda pelihara tersebut. Daun sawi termasuk jenis sayuran dengan kandungan antioksidan tinggi, yang bagus bagi kesehatan kenari. Apabila memang burung kenari yang Anda pelihara nampak agak sakit, maka Anda boleh mencoba memberikan daun sawi, supaya burung kenari yang Anda pelihara tersebut dapat lebih rajin berkicau dan lebih cepat sembuh.

4. Jagung Muda
Sayuran terakhir yang bagus bagi kenari adalah sayur jagung muda. Khususnya untuk burung kenari yang mempunyai masalah pada bulu mereka, contohnya bulu yang nampak kusam. Cara untuk memberikan jagung muda ini sangatlah mudah, cukup Anda gantungkan dalam kandang burung kenari. Nanti burung kenari yang Anda pelihara akan memakannya.

Buah untuk Burung Kenari
Seperti disebutkan sebelumnya bahwa selain sayur, buah-buahan juga ada yang bagus untuk dijadikan makanan tambahan bagi burung kenari. Tetapi memang tidak sembarang buah-buahan. Salah satu contoh buah yang dapat Anda berikan yakni buah apel. Buah yang satu ini bagus Anda berikan khususnya untuk burung kenari yang sedang sakit dan kegemukan.

Buah apel sendiri bermanfaat karena memiliki kandungan quercetin, yang berfungsi meningkatkan antioksidan. Selain itu apel juga memiliki serat cukup banyak, yang berguna bagi burung kenari yang kegemukan.

Sayur dan buah berperan sebagai extra foding, atau pakan tambahan, supaya kebutuhan burung kenari dapat tercukupi selalu. Untuk pemberian EF, dapat Anda tentukan sendiri, dan disesuaikan kebutuhan burung kenari. Sekian artikel mengenai makanan tambahan untuk burung kenari, buah dan sayur, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan Tambahan untuk Burung Kenari, Buah dan Sayur"

Poskan Komentar