Cara Simpel Membedakan Kenari Betina dan Kenari Jantan Dewasa

Burungkenari.com - Di era sekarang ini, burung kenari termasuk salah satu spesies burung yang menjadi primadona. Ada banyak orang yang gemar dengan burung yang satu ini, dan menjadikannya sebagai burung favorit atau pilihan. Alasannya simpel, karena bentuk tubuh burung tersebut yang imut, warna yang mempesona dan anggun, dan yang paling mempengaruhi adalah karena suara burung kenari yang benar-benar memukau. Karena itulah penghobi burung banyak yang terpikat memiliki dan merawat burung kenari sebaik mungkin, juga tidak sedikit yang berinisiatif menjadikannya burung kontes.

Di dalam kontes tersebut memang ada penilaian khusus, di mana burung kenari wajib bisa untuk menirukan suara kenari dari jenis lainnya. Kontes burung kenari ini sendiri diadakan para kenari mania yang terdapat di tanah air, dan tentu saja penilaian khusus tersebut menjadi tantangan tersendiri, yang memancing semangat para pemilik burung kenari untuk lebih menjadikan burung kenarinya sebagai burung yang istimewa.

Cara Simpel Membedakan Kenari Betina dan Kenari Jantan Dewasa
Sumber : http://toko-lovebird.blogspot.co.id/
Untuk jenis dari burung kenari sendiri terdapat berbagai macam, di mana Anda dapat memperolehnya di pasar burung di sekitar lokasi Anda. Ada burung kenari lokal, dan juga ada burung kenari import.

Harga jual dari burung kenari tersebut pun berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya, di mana jenisnya juga ikut berpengaruh terhadap harga. Untuk harga kenari lokal sendiri biasanya lebih murah Rp 200.000,00 (Kurang Lebih). Untuk burung kenari yang cukup terkenal seperti kenari Yorkshire, tentu harganya pun lebih mahal dibandingkan jenis burung kenari yang lain.

Sekarang dari sisi perawatan. Perawatan burung kenari dapat dibilang gampang-gampang susah, tetapi jika Anda sudah terbiasa, maka tidak akan menjadi masalah. Di sini yang terpenting adalah ketelatenan dan kesabaran. Perhatian rutin akan dibutuhkan. Berikut beberapa contoh perawatan burung kenari yang harus Anda lakukan:
  1. Membersihkan kandang
  2. Memberi pakan
  3. Memandikan dan menjemur burung kenari tersebut
Cara membedakan Jenis Kelamin burung Kenari Dewasa

  • Dapat Anda lihat di daerah sekitar dubur burung kenari, untuk kenari jantan ada tonjolan, untuk kenari betina sebaliknya, tak ada tonjolan.
  • Lihat mata burung kenari, yang jantan sejajar dengan paruhnya, sementara untuk yang betina, matanya pada atas paruhnya.
  • 3.Kenari jantan juga mempunyai ciri-ciri di bentuk kepalanya yang terlihat pipih, sementara untuk burung kenari betina, memiliki bentuk kepala lebih bulat.


Untuk burung kenari yang sudah cukup umur atau dewasa, akan semakin sulit untuk membedakan kenari jantan dan betina. Tetapi dengan ketiga cara di atas, diharapkan akan membantu Anda untuk membedakannya. Jadi, bagi Anda para pecinta kenari pemula tidak perlu takut. Anda dapat menggunakan ketiga cara di atas, untuk lebih jelasnya silahkan amati gambar di bawah ini :

Cara Simpel Membedakan Kenari Betina dan Kenari Jantan Dewasa


Mengapa perlu membedakan kenari jantan dan kenari betina?
Itu karena di perlombaan burung kenari, lebih banyak yang memakai burung kenari jantan, alasannya adalah kenari jantan itu lebih sering gacor, lebih pandai berkicau, jika dibandingkan burung kenari betina. Nah, dengan Anda mengetahui cara membedakan jenis kelamin burung kenari, menggunakan cara di atas, akan sangat membantu Anda untuk memenangkan lomba kenari tersebut.

Sekian artikel mengenai kelamin kenari betina dan kenari jantan dewasa, bagaimana cara membedakannya? Semoga bermanfaat. Jika memang Anda masih mempunyai pertanyaan atau ada yang tidak dimengerti, silahkan tinggalkan komentar.

Komentar