Tips Perawatan Agar Kenari Bakalan supaya Rajin Berbunyi

Burungkenari.com - Burung kenari adalah satu dari jenis burung kicauan yang terfavorit dan banyak dicari di dunia. Walaupun pamornya di lomba burung kicauan tanah masih lebih rendah dari burung lovebird dan murai batu, tetapi jumlah penggemar burung kenari masih dapat dibilang paling banyak. Hal tersebut karena harga dari burung ini yang relatif murah, dan stok yang cukup berlimpah, serta perawatan yang harus Anda berikan pun termasuk mudah – Alasan-alasan tersebut tentu sudah dapat menarik minat banyak pemula untuk memelihara burung kenari yang satu ini. Mari baca selengkapnya.

Umumnya, burung kenari dibagi menjadi 3 tipe, yakni berdasar pada warna, postur, dan suara. Oleh sebab itu, apabila Anda hendak memelihara burung ini, Anda harus memilih jenis burung kenari yang memang paling sesuai keinginan Anda, berdasarkan ketiga tipe tersebut.

Tips Perawatan Agar Kenari Bakalan supaya Rajin Berbunyi
Tips Perawatan Agar Kenari Bakalan supaya Rajin Berbunyi
sumber : jitunews.com
Jika memang Anda senang memelihara burung kenari karena faktor warna dan penampilannya, maka Anda dapat memilih burung kenari berdasar tipe warna atau posturnya. Apabila Anda senang dengan suara kenari, maka Anda disarankan memilih burung kenari yang tipe penyanyi dan rajin berbunyi.

Perawatan Kenari itu Mudah, namun …
Walaupun perawatan burung kenari ini dianggap cukup mudah, namun tetap saja membutuhkan perhatian tersendiri, supaya burung kenari yang Anda pelihara tersebut rajin berbunyi. Dalam memenuhi kebutuhan pakan harian burung tersebut, Anda boleh mencoba mencampurkan biji-bijian, sayuran, dan buah, dan extra fooding atau EF (Pakan Tambahan), contohnya adalah egg food atau telur rebus. Supaya burung kenari jadi lebih rajin berbunyi, maka dibutuhkan pola rawatan serta pemberian pakan seperti yang kami tuliskan di bawah ini:

1. Pemberian pakan tak berlebihan
Jika berlebihan akan berdampak negatif pada kesehatan dan penampilan burung kenari. Juga burung kenari akan menjadi malas bunyi, lebih memperhatikan pakannya. 1/3 cepuk pakan merupakan takaran yang tepat untuk Anda gunakan.

2. Rutin memberi EF
Extra fooding penting untuk diberikan dengan rutin, yakni pemberian sayuran dan buah. Sajikan dengan bervariasi supaya hasilnya lebih maksimal. Contohnya sayuran dan buah, Anda potong kecil-kecil, mix jadi satu, lalu masukkan cepuk tersendiri.

3. Egg food
Atau dengan nama lain soft food, umum diberikan pada burung kenari supaya stamina burung tersebut bertambah. Contoh dari egg food adalah potongan telur rebus, gantung di sangkar secara harian. Bisa juga telur rebus tersebut diracik dengan berbagai bahan yang lain. Untuk pakan racikan egg food bisa Anda berikan beberapa hari sekali, menjadi pengganti bijian atau pakan utama kenari di hari itu, tujuannya supaya kenari lebih rajin berbunyi.

4. Daun-daunan hijau
Berikan daun yang asalnya dari tanaman liar, untuk alternatif pakan tambahan kenari. Untuk daun yang asalnya dari mengkudu, tanaman krokot, serta sebagainya, dipercaya bisa membantu suara burung kenari menjadi lebih kristal dan jernih. Karena itu burung kenari dapat bersuara dengan lebih lepas saat berkicau.

5. Mandi, jaga kebersihan, dan jemur
Kebersihan sangkar dari burung kenari harus selalu dijaga dengan baik. Supaya kenari bebas dari gangguan parasit atau tungau. Anda dapat membersihkan sangkar kenari saat kenari tersebut sedang dimandikan. Untuk cara memandikan dapat disemprot, bisa juga memakai bak mandi kecil yang Anda tempatkan dalam sangkar. Sesudah mandi, jemurlah burung kenari pada bawah sinar matahari, tanpa disediakan pakan terlebih dahulu, kecuali untuk pakan tambahan daun-daunan. Sebelum pukul 10.30 merupakan waktu terbaik untuk menjemur kenari. Jika sinar matahari mulai terik, pindah burung kenari pada tempat teduh, sembari memberikan pakan berupa biji-bijian.

Cara lainnya adalah dengan memberikan suplemen tambahan, melakukan pemasteran, membuat kenari merasa nyaman, memelihara lebih dari 1 burung, dan membeli burung kenari yang sudah berbunyi. Sekian informasi mengenai tips rahasia perawatan kenari Bakalan supaya rajin berbunyi, semoga bermanfaat.

Komentar